Pramuka Peduli Kwarcab Brebes ikuti Bersih-Bersih Kali Sigeleng

Brebes (01/11). Guna mengantisipasi banjir dalam musim penghujan yang mulai berlangsung, serta dalam rangka bulan Pengurangan Resiko Bencana, Pramuka Peduli Kwarcab Brebes turut berpartisipasi dalam kegiatan Bersih-Bersih Kali Sigeleng. Kali Sigeleng merupakan sungai yang melintas di sisi timur kota Brebes, tepatnya berada di perbatasan kelurahan Limbangan Kulon dan Limbangan Wetan Kecamatan Brebes. Kegiatan ini merupakan antisipasi yang dilakukan mengingat tiga tahun berturut-turut wilayah ini dilanda banjir yang cukup besar karena meluapnya kali Sigeleng dan jebolnya tanggul sungai Pemali yang ada di kota Brebes.

Acara merupakan kegiatan yang digagas bersama organisasi lembaga kepemudaan di kelurahan Limbangan, bekerjasama dengan relawan pemerhati lingkungan dan penanggulangan bencana di seputar kota Brebes termasuk didalamnya Pramuka Peduli Kwarcab Brebes.

Dimulai pukul 08.00 acara dipimpin oleh Ibu Rosmediana Puspitasari selaku Lurah Limbangan Wetan, dibantu Babinsa Limbangan Wetan dari Koramil Brebes. Usai apel, tim gabungan bergerak ke area yang sudah dibagi dimulai dari arah selatan menuju ke utara, membersihkan sungai dari sampah dan tanaman penghambat laju air yang dimulai dari bawah jembatan jalan raya pantura sampai jembatan Siol, kurang lebih sejauh 2 kilometer.

Sejumlah 100 orang lebih hadir dalam kesempatan tersebut, dengan perwakilan terbanyak dari unsur Pramuka Peduli yang meliputi Unit Pramuka Peduli Kwarcab Brebes, Ubaloka dan Saka Bhayangkara Kwarcab Brebes. Berbagai organisasi lembaga kerelawanan juga antusias turut bersama pemuda warga masyarakat Limbangan Wetan dan Kulon.

Disela acara, Lurah Limbangan Wetan dan Lurah Limbangan Kulon didampingi perangkat kelurahan, menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi relawan termasuk Pramuka yang turut serta sebagai peserta terbanyak.

Sehari sebelum acara dimulai, Ketua Kwarcab H. Emastoni Ezam, SH.MH. berpesan kepada pramuka yang akan turut serta mengikuti kegiatan agar melengkapi diri dengan peralatan bakti, alat pelindung diri, memakai masker dan selalu menjaga jarak sesuai protokol kesehatan penanggulangan Covid-19. Pramuka tetap dituntut waspada dan selalu menjaga kesehatan pribadi dan lingkungannya. Pramuka juga harus aktif dan tampil dalam membantu masyarakat mencegah Covid-19 dan dalam pencegahan maupun penanggulangan bencana, termasuk dalam mempersiapkan pencegahan banjir yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu jika turun hujan yang lebat lagi lama waktunya. (sw-11.29)

pramukapeduli

kwarcabbrebes

pramulibrebes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *