KWARDA JAWA TENGAH SELENGGARAKAN KURSUS PENGELOLAAN KWARTIR RANTING TAHUN 2021 DI KWARCAB BREBES

Brebes, Jawa Tengah — Bertempat di Sanggar Pramuka Kwarcab Brebes, Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah selenggarakan kegiatan Kursus Pengelolaan Kwartir Ranting (KPKR) sejak hari Rabu, 3 November hingga Sabtu, 6 November 2021.
Kegiatan KPKR ini diikuti oleh peserta perwakilan dari masing-masing Kwartir Ranting se-Kabupaten Brebes yang merupakan unsur pimpinan terdiri dari Sekretaris Kwartir Ranting dan Pengurus dari bidang yang ada di Kwartir Ranting.
Kegiatan kursus yang berlangsung empat hari ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan, pengembangan dan pengelolaan Kwartir Ranting agar mampu dan berdaya sebagai pemimpin dan pengendali organisasi serta pengelolaan kegiatan kepramukaan di tingkat ranting atau kecamatan.
Ketua Kwartir Cabang Brebes kak Emastoni Ezam ( kak Toni ) berkesempatan membuka acara tersebut didampingi perwakilan dari Kwartir Daerah Jawa Tengah yaitu kak Mardhy Saputra ( kak Toro ) dari bidang Organisasi Kwarda Jawa Tengah. Dalam sambutan kak Emastoni Ezam berpesan kepada para peserta agar mengikuti kegiatan sampai paripurna agar memperoleh informasi dan pengetahuan serta teknik dalam pengelolan kwartir ranting yang lebih baik. Pesan kak Toni dalam sambutannya,“Kwartir Ranting yang baik dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai pengendali organisasi, pengelolaan kegiatan di tingkat ranting serta merupakan fasilitator gugus depan di wilayah ranting masing-masing.”
Di sesi kedua hari pertama tersebut kak Toro juga menyampaikan materi bertajuk Strategi Pengelolaan Kwartir Ranting secara Efektif dan Dinamis. Dalam kesempatan tersebut kak Toro juga menyampaikan materi tentang profil kwartir ranting yang ideal dan mantap. “ Salah satu kunci untuk menuju Kwartir Ranting Mantap adalah pengurus kwartir ranting harus memahami organisasi dan melaksanakan tata kerja kwartir ranting sebagaimana yang telah diatur oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,” ungkap kak Toro.
Kegiatan kursus hari pertama berlangsung hingga pukul 15.30 WIB dan akan dilanjutkan secara daring di rumah masing-masing pada pukul 19.30 hingga 21.30 WIB. Kegiatan akan dilanjutkan kembali pada keesokan harinya dengan agenda yang sudah disiapkan oleh tim pemateri dari Pusdiklat Kwarcab Brebes yang diketuai oleh kak Nursidik. Sementara kak Eva Latifah sebagai pimpinan kursus menyampaikan pesan agar kegiatan tatap muka dan secara daring dapat diikuti dengan baik oleh peserta. “ Baik luring maupun daring kegiatan ini diharapkan tidak berkurang esensinya untuk mencapai tujuan agar para pengurus nantinya dapat melaksanakan program kegiatan serta dapat mempersiapkan kwartir rantingnya masing-masing agar dapat melaksanakan fungsi organisasi dengan lebih baik lagi.” pungkas kak Eva mengakhiri kegiatan hari pertama ini. (Saptapandu Wiwied.1129)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *