9 Organisasi Ikuti Latihan Bersama

Bertempat di Objek Wisata Pantai Randusanga Indah (Parin) Brebes, 9 Organisasi Relawan mengikuti Latihan Pertolongan di Permukaan Air tepatnya pada hari Minggu, 31 Januari 2021.

9 Organisasi Relawan yang mengikuti kegiatan tersebut antara lain: SAR Kabupaten Brebes, Pramuka Peduli (Pramuli) Kwartir Cabang (Kwarcab) Brebes, Relawan Indonesia (RELINDO), SAR Forum Komunikasi Aktifis Masjid (FKAM), Oi Center (OCC), Firum Konunikasi Pecinta Alam Brebes (FKPAB), Aksi Cepat Tanggap (ACT), Pemuda Panca Marga (PPM), Perlindungan Masyarakat (LINMAS) Desa Randusanga.

Kegiatan yang diselenggarakan atas prakarsa bersama berbagai organisasi pemerhati lingkungan dan penanggulangan bencana di Kabupaten Brebes tersebut dimulai pukul 08.30 s.d 15.00 WIB dengan jumlah peserta yang dibatasi 30 peserta.

Acara dibuka oleh komandan SAR Kabupaten Brebes, Waryadi, kemudian dilanjutkan dengan dinamika kelompok serta acara inti yang diisi oleh SAR Kabupaten Brebes dan Pramuli Kwarcab Brebes. Beberapa inti kegiatan meliputi materi:

  1. Olah gerak perahu karet;
  2. Pertolongan di permukaan air (korban hidup);
  3. Cara membalikan prahu karet.

Pada kesempatan latihan tersebut, dari Pramuka Peduli Kwarcab Brebes diwakili oleh 5 personil yang juga merupakan anggota Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (Ubaloka) yaitu: Noval A., Aulia S., Rudi S., Rio Rian, dan Dwi Topo Pamuji.

“Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan lancar sesuai rencana dan agenda”. ungkap Kak Wiwied, Koordinator Pramuli Kwarcab Brebes.

Kak Taufik selaku koordinator lapangan Pramuka Peduli juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif bersama para organisasi relawan pemerhati lingkungan dan penanggulangan bencana dalam meningkatkan ketrampilan dan kemampuan para anggota dan relawan dalam penanggulangan bencana khususnya pertolongan air mengingat kondisi di wilayah Kabupaten Brebes rawan kecelakaan dan musibah air.
“Ke depan akan diadakan latihan serupa untuk meningkatkan kemampuan anggota yang lain”, pungkasnya.

Kegiatan ditutup pada pukul 15.00 WIB dilanjutkan dengan bersih-bersih di sekitar lokasi kemudian personil dikembalikan ke satuan masing-masing. (allso|58, humas 1129)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *